Beranda HEADLINE Ditreskrimsus Polda Riau Ngebut Dalam Penanganan Kasus Korupsi Kasatpol PP Kabupaten Kampar

Ditreskrimsus Polda Riau Ngebut Dalam Penanganan Kasus Korupsi Kasatpol PP Kabupaten Kampar

112
BERBAGI
LARSHEN YUNUS GIDION ARIF SETYAWAN
Keterangan Foto : Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, KOMBES POL. Gidion Arif Setyawan, S.IK., SH., M.Hum

KABAR DAERAH RIAU, KAMPAR — Jajaran Polda Riau, dalam hal ini adalah Direktorat Reserse Kriminal Khusus menggelar OTT (Operasi Tangkap Tangan) terhadap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kampar, atas nama M Jamil.

Pelaku tersebut diduga telah melakukan Pemotongan Dana Pekan Olahraga Propinsi (Porprov) pada tahun 2017 yang lalu.

Dalam Pernyataan persnya, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo selaku Kabid Humas Polda Riau katakan, bahwa selain Kepala Satpol PP Kampar tersebut, Tim Direktorat Reskrim Khusus Polda Riau juga mengamankan dua lainnya, yakni atas nama Ardinal selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Indra Gusnaidi yang merupakan Bendahara Pengeluaran Porprov Riau tersebut.

Operasi Tangkap Tangan yang dimaksud dipimpin Kasubdit III AKBP Dasmin Ginting. Mereka diduga melakukan Pemotongan pada saat masuk tahapan Pendistribusian Uang Pengamanan atau Honor Kegiatan Pengamanan Porprov Riau 2,” ungkap Kombes Guntur.

Mantan Kapolres Pelalawan tersebut menyebutkan bahwa Penangkapan itu berawal pada saat Pihak Kepolisian memperoleh informasi kalau pada 7 Desember 2017 yang lalu akan ada Pemotongan yang dilakukan langsung oleh Kepala Satpol PP Kampar. Tanpa membuang waktu, Polisipun bergegas berangkat ke Kota Bangkinang.

Saat berada di Kantor Satpol PP Kampar, tim melakukan Pengintaian. Pukul 14.30 WIB tim melihat satu anggota Satpol PP membawa uang Rp 850 ribu beserta Kwitansinya.

Sebut Guntur, bahwa pada saat itu juga Tim kemudian bergerak menuju ruangan Bendahara yang sedang membagikan uang yang tersebut

“Seharusnya Honor yang diterima Tim Pengamanan Porprov Riau itu sebesar Rp 2,7 juta. Namun apalah daya, mereka hanya menerima Rp 850 ribu saja,” kesal Guntur.

Jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau langsung melakukan Penggeledahan dan Menemukan uang sebanyak Rp 285 juta yang merupakan hasil dari biaya Pemotongan Honor Pengamanan Porprov Riau tempo lalu.

Pada kesempatan yang berbeda, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan selaku Direktur Reskrimsus Polda Riau menegaskan, bahwa Permasalahan tersebut secepatnya akan segera diselesaikan, untuk menghindari persepsi publik yang berbeda-beda.

Kombes Gidion menguraikan, terkait barang bukti yang berhasil diamankan, yakni berupa Uang Dugaan Hasil Pemotongan Dana PAM/Honor sebesar 460 juta, DPA SKPD Satpol PP Kabupaten Kampar Tahun Anggaran 2017, Tanda Terima atau Amprah Honorarium PAM Porprov Riau TA 2017, Sprintgas PAM Porprov serta Daftar Kehadiran Anggota Satpol PP pada saat itu. ***Yunus.

 

Laporan : Larshen Yunus
loading...