Beranda HEADLINE Pak Kapolres ! Selain PT Musim Mas, Tolong Juga Tertibkan PT Langgam...

Pak Kapolres ! Selain PT Musim Mas, Tolong Juga Tertibkan PT Langgam Inti Hibrindo

105
BERBAGI
KAPOLRES PELALAWAN
AKBP Kaswandi Irwan, S.IK - KAPOLRES Pelalawan

RIAU.KABARDAERAH.COM, PEKANBARU – Tampaknya jajaran Polres Pelalawan tidak bisa istirahat dengan tenang, karena pengaduan demi pengaduan silih berganti. Banyaknya masyarakat Kabupaten Pelalawan yang memberikan harapannya bagi institusi Polri tersebut.

Diantaranya terkait dengan permasalahan yang menjadi konflik lahir bathin oleh masyarakat Desa Talau Sorek Satu. Pasalnya perusahaan atas nama PT Musim Mas kembali berulah, dengan mengklaim lahan milik warga sebagai bahagian dari Hutan Cadangan Pangan (HCP).

Bukan hanya itu saja, PT Musim Mas juga diketahui telah melakukan penanaman pohon kelapa sawit di kawasan lahan bergambut, hingga akhirnya terjadi konflik antara pihak perusahaan dengan masyarakat tempatan. Salah satunya konflik dengan Pemuda Dua Desa Tanjung Beringin dan Pemuda Desa Talau.

Dikutip dari Media Center Indonesia Police Watch (IPW Riau),  bahwa kasus maupun permasalahan itu masih dalam proses penyelidikan oleh pihak Polres Pelalawan (06/09/2018).

PT MUSIM MAS
Foto Ilustrasi : Ajakan Untuk Mencegah Kebakaran Lahan dan Hutan (KARLAHUT Riau)

“Alhamdulillah, kita tunggu saja kabarnya. Saat ini tim penyidik kami masih dalam proses pelacakan. Semoga membuahkan hasil yang baik”  ungkap AKBP Kaswandi Irwan S.IK, Kapolres Pelalawan.

Melalui sambungan selulernya, AKBP Kaswandi katakan, bahwa tim Reskrim Polres Pelalawan sedang dalam tahapan pemeriksaan.

“Untuk lebih jelasnya, kasus tersebut sudah saya arahkan sama Kasat Reskrim, supaya dapat ditindaklanjuti dengan baik dan profesional”  tutur AKBP Kaswandi.

Selain kasus PT Musim Mas, Kapolres Pelalawanpun diperhadapkan pada perusahaan tersangka kasus Kebakaran Lahan dan Hutan di kawasan Kabupaten tersebut.

Adapun Perusahaan yang dimaksud, atas nama PT Langgam Inti Hibrindo (LIH). Perusahaan yang sampai hari ini telah menguasai sejumlah lahan yang terletak di Desa Rantau Baru, Gondai, Palas, Kepenghuluan Tarusan, Kemang, Penarikan di Kabupaten Pelalawan.

Meskipun Penanganan kasus perusahaan itu baru-baru ini telah diambil alih oleh pihak Polda Riau, namun masyarakat Pelalawan hanya berpangku harapan kepada jajaran Polres Pelalawan.

“Kami dapat info, bahwa PT LIH telah diproses oleh tim penyidik Polda Riau, namun harapan kami cukup hanya Polres Pelalawan saja yang bekerja, karena memang mereka yang tahu pasti lokasi persis terjadinya Kebakaran. Inikan wilayahnya Polres Pelalawan ?!”  ujar Muhammad Jamaluddin S.Si, salah satu pegiat LSM di Kota Pangkalan Kerinci.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya aduan ini diberitahukan kepada seluruh pemilik otoritas di negeri lancing kuning ini.  “Harapan kami, agar bapak Kapolres Pelalawan dapat bertindak lebih tegas, kritis dan serius lagi”  tutup Muhammad Jamaluddin, yang merupakan warga Kecamatan Langgam – Kabupaten Pelalawan.  (*)

Laporan : ELYUNUS
(https//www.riau.kabardaerah.com)
loading...